Selasa, 06 Juli 2010

Bagaimana Cara Menghadapi Kritik Orang Lain?

Cara Menghadapi Kritik Orang LainAkhirnya selesai juga artikel ini, setelah sebelumnya artikel ini sudah saya posting tetapi belum selesai. Alhamdulillah responnya sangat baik sekali dan kritik yang sangat membangun sekali. Terimakasih semuanya.

Ok, mari kita bahas bagaimana cara menghadapi kritik orang lain?

Pernahkah anda di kritik di depan publik atau di blog anda oleh pengunjung anda atas sesuatu yang anda lakukan? Saya tebak, anda pasti pernah bukan?

Kedewasaan berfikir menuntut kita untuk menghadapi kritik, bukan malah menghindarinya. Kita harus selalu siap untuk menghadapi kritik demi mencari jalan keluar bukan untuk mencari siapa yang benar dan siapa yang salah atau siapa yang pintar dan siapa yang bodoh.

Sedangkan, di lihat dari sudut pandang psikologi, orang cenderung mengkritik orang lain karena beberapa hal, yaitu:

  • Mereka ingin mendorong anda untuk lebih maju.
  • Mereka melihat sesuatu yang salah dari apa yang anda lakukan.
  • Mereka ingin menguji anda.
  • Mereka iri dengan kesuksesan anda.
  • Mereka ingin menjatuhkan anda.
  • Mereka ingin mencari perhatian orang lain untuk dianggap lebih pintar dari anda.
  • Mereka tipe orang yang selalu mencari pertentangan.

Lalu bagaimana cara anda untuk menanggapi kritik tersebut? Saya akan berbagi resep sederhana bagaimana cara untuk menghadapi kritik orang lain. Silakan simak resep-resep di bawah ini.

  1. Pertama-tama, jangan langsung membela diri anda dan menganggap semua kritik itu salah. Dengarkan dulu kritiknya dan mengerti apa maksudnya.

  2. Kedua, anda harus pandai-pandai menganalisa mengapa anda di kritik sebelum anda menanggapi kritik tersebut.

    Jika anda yakin anda di kritik karena si pengkritik ingin mendorong anda untuk lebih maju, terima saja kritikan mereka. Karena pada dasarnya itu adalah saran yang anda butuhkan untuk terus berkembang.

    Jika anda yakin anda di kritik karena si pengkritik melihat sesuatu yang salah dari apa yang anda lakukan, jujurlah pada diri anda sendiri…mungkin memang benar anda salah dan anda secara tidak sadar melakukannya.

    Akuilah kesalahan anda dan berterima kasihlah kepada mereka yang mengkritik anda, karena mereka telah menyadarkan anda akan kesalahan anda sendiri yang mungkin dapat berakibat fatal untuk anda…

    Jika anda yakin bahwa kritik mereka adalah kritik yang sebetulnya untuk menguji anda, jawab saja kritikan mereka dengan jujur… Tentu integritas dan kemampuan anda akan terlihat jelas. Jika si pengkritik puas dengan jawaban anda, maka diapun akan mengakui bahwa anda memang memiliki integritas dan kemampuan.

Kalau kritik diatas dinamakan kritik yang membangun, ini dia yang di namakan kritik yang menghancurkan:

  • Mereka iri dengan kesuksesan anda.
  • Mereka ingin menjatuhkan anda.
  • Mereka ingin mencari perhatian orang lain untuk dianggap lebih pintar dari anda.
  • Mereka tipe orang yang selalu mencari pertentangan.

Untuk menghadapi orang seperti ini adalah dengan tidak menghadapinya.

Bukan berarti anda menghindar, tapi tidak terlalu mendengarkan semua kritikan kosong mereka. Tetaplah pada jalur anda dan lakukan semua rencana anda. Jangan takut akan reaksi buruk pengunjung, karena pengunjung juga sudah pasti mengerti kalau kritikan tersebut hanyalah kritikan kosong.

Jangan biarkan emosi anda terpancing untuk mempermasalahkan kritik yang hanya membuang waktu percuma. Beri saja jawaban yang menurut anda wajar dan perlu. Kalau si pengkritik tetap mencari-cari kesalahan anda, katakan saja anda tidak punya waktu untuk menanggapi kritikan yang tidak membangun. Jika mereka tetap mengkritik, abaikan saja mereka. Inilah saatnya menerapkan prinsip “silence is gold” atau “diam itu emas”.

Setelah anda tahu kenapa orang cenderung mengkritik orang lain, anda juga perlu tahu tentang lima tipe pengkritik, yaitu:

  1. Pengkritik Langsung
  2. Pengkritik Halus
  3. Pengkritik Penunjuk Arah
  4. Pengkritik Terencana
  5. Pengkritik Ngaco

Untuk masalah tentang kelima tipe pengkritik tersebut akan saya bahas pada postingan yang selanjutnya. Yang penting sekarang anda tahu bagaimana cara untuk menghadapi kritik orang lain. Jadi, apa pendapat anda tentang postingan saya kali. Ingin memberikan kritik? Saya tunggu komentar anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar